Banneratas_Med&inf
Bannerbatas1
Bannerbatas1

Ibu Hamil

Seperti yang sudah diketahui, tubuh kita sebagian besar terdiri dari air. Namun apakah Anda tahu bahwa sejak di masa kandungan, kita juga sudah dilindungi oleh cairan yang biasa disebut cairan ketuban? Dan apakah Anda juga tahu bahwa saat bayi lahir 80% tubuhnya terdiri dari air?

Berdasarkan fakta di atas, dapat dikatakan bahwa air sangat vital bagi kehidupan. Oleh karena itu sangat penting bagi ibu hamil atau ibu yang sedang menyusui untuk minum air dengan cukup demi kualitas hidup sang buah hati. Seperti yang kita ketahui, tubuh kita menggunakan dan kehilangan air sepanjang waktu. Terlebih lagi bagi ibu hamil dan menyusui yang harus menyuplai makanan dan nutrisi untuk buah hati yang sedang tumbuh.

  • Kecukupan cairan pada ibu hamil sangat penting bagi perkembangan janin. Bayangkan jika kebutuhan ini tidak terpenuhi. Kesehatan ibu dapat terganggu dan memberikan dampak pada janinnya. Cairan ketuban yang berasal dari cairan Ibu terdiri dari 98-99% air. Cairan ketuban membuat janin yang sedang berkembang memiliki ruang untuk bergerak dan bertumbuh serta terlindungi dari cedera. Penting bagi ibu hamil untuk minum air putih 9-10 gelas sehari selama kehamilan.
  • Pada ibu menyusui, ASI memberikan semua manfaat gizi yang dibutuhkan bayi. ASI sendiri terdiri dari 87% air dimana air ini berasal dari tubuh Ibu. Itulah mengapa sangat penting bagi ibu menyusui untuk minum 10-11 gelas sehari guna mengganti cairan yang digunakan tubuh untuk memproduksi susu sekaligus menghindakan Ibu dari dehidrasi .

Sumber: AQUA

Friday the 29th. Copyright © 2012 Anum Sendawar 2. All Rights Reserved
Powered by Gerry Paranda